Minggu, 27 Maret 2016

Info Travel PegiPegi.com

Info Travel PegiPegi.com


Mengenal 7 Kualitas Orang Batak di Balik Suaranya yang Keras

Posted: 26 Mar 2016 11:10 PM PDT

Mungkin selama ini kamu hanya mengenal orang Batak dari suaranya yang keras dan omongannya yang blak-blakan. Ternyata, orang Batak hatinya nggak sekeras penampilan luarnya. Karena, mereka punya kepribadian menarik yang bikin kita ingin berteman dekat dengannya. Apa aja sih kualitasnya?

1. Ambisius dan pekerja keras

Kedua sifat itu sangat terlihat pada orang Batak di segala aspek kehidupan mereka. Soal pekerjaan dan mencari nafkah, sudah pasti mereka sangat ambisius. Kalau bisa, mereka harus memapankan diri sebelum menikah. Apalagi, biaya menikah yang dikeluarkan orang Batak itu nggak sedikit, jika dilihat dari kemewahan dan detailnya upacara pernikahan. Setelah menikah, kehidupan baru akan dimulai dan sudah pasti membutuhkan biaya rumah tangga yang nggak sedikit.

Orang Batak juga diharuskan menikah dengan sesama Batak dan biasanya para orangtua nggak sembarangan menerima calon menantu, meski sama-sama Batak. Soalnya, mereka juga pilih-pilih marga. Supaya anak mereka mudah mendapatkan jodoh, para orangtua, terutama ibu-ibu giat sekali mengenalkan calon-calon berkualitas ke anak-anak mereka. Saking rajinnya, mereka bisa pergi ke gereja lima kali sehari supaya lebih mudah cari kenalan.

pernikahan batak

www.youtube.com

2. Cari uang harus halal!

Nggak semua orang Batak mapan, tapi kebanyakan dari mereka punya prinsip untuk mencari uang dengan halal. Nggak peduli penghasilannya kecil, asal halal pasti mereka kerjakan. Karena, buat mereka, lebih baik bekerja, tapi penghasilan sedikit daripada berdiam diri dan nggak berbuat apa-apa. Makanya, sangat jarang ditemui orang Batak yang menganggur atau jadi pengemis.

3. Rasa kekeluargaan mereka tinggi

Keluarga adalah nomor satu bagi orang Batak. Mereka rela bekerja keras hingga ke luar kota demi keluarga agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Supaya nggak malu-maluin keluarga di kampung, mereka punya prinsip “Pantang pulang sebelum sukses!”. Bukan cuma dengan uang mereka menunjukkan kasih sayang pada keluarga, tapi juga dengan menyediakan waktu. Biasanya, para keluarga Batak rutin mengadakan acara kumpul keluarga setiap hari Minggu. Dan semuanya diwajibkan ikut! Jangan sampai lebih mementingkan pekerjaan ketimbang keluarga!

4. Berhati lembut dan suka menolong

Meski nada bicara mereka kasar dan cenderung blak-blakan, sebenarnya mereka punya niat baik, yaitu ingin agar kita berubah. Hati mereka juga lembut dan nggak tahan melihat keluarga atau teman yang sedang kesusahan. Jika kamu sedang sedih dan butuh tempat curhat yang tepat, orang Batak adalah pilihan yang tepat. Karena, mereka nggak cuma mendengarkan, tapi bisa kasih solusi dan memberikan pertolongan.

5. Suaranya bagus dan pintar menyanyi

Banyak orang Batak yang suaranya bagus dan berpotensi jadi penyanyi, bahkan sudah ada yang menjadi penyanyi, seperti Judika dan Joy Tobing. Soalnya, kebanyakan dari mereka sudah terbiasa menyanyi dari kecil di gereja. Biasanya mereka terlibat di grup paduan suara. Ketika di sekolah pun, mereka juga disuruh bernyanyi, bahkan karaoke bareng saat acara keluarga.

judika

www.escunited.com

6. Penuh perjuangan saat pedekate

Ini sih berlaku buat cowok Batak. Kalau mereka nggak suka sama cewek tersebut, mereka nggak bakal iseng buat mendekati. Karena, pendekatan yang mereka lakukan memang buat serius. Kalau sudah serius, mereka bakal kejar cewek itu sampai jadi pacar. Ketika sudah jadi pacar, cowok Batak itu biasanya setia dan nggak bakal melepaskan si cewek. Bahkan, mereka juga nggak akan sungkan untuk mengenalkan si cewek ke keluarganya.

7. Romantis!

Ya iyalah, gimana nggak romantis! Segala perasaannya aja dituangkan lewat lagu, bahkan dinyanyikan ke pasangan mereka. Jadi, beruntunglah kamu yang mendapatkan pasangan orang Batak. Kamu bakal dinyanyikan lagu romantis setiap hari. Hihihi…

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Nah, seperti itu deh kualitas yang dimiliki oleh orang Batak. Selain share soal kualitas orang Batak, pegipegi juga jual tiket pesawat dan hotel murah supaya liburan kamu makin ramah di kantung! Jangan lupa buat pesan tiket pesawat dan hotel murah di pegipegi.com, ya!

cari tiket pesawat murah cari hotel murah

7 Tips Traveling Sehat Saat Musim Pancaroba

Posted: 26 Mar 2016 09:49 PM PDT

Berasa nggak sih akhir-akhir ini kita sudah mengalami musim pancaroba, dari musim hujan ke musim panas? Kadang, hujan bisa turun dengan sangat lebat, kadang udara bisa begitu panas hingga membuat kita cepat pusing. Nggak heran jika di saat musim pancaroba seperti ini, tubuh jadi mudah lemah dan sakit. Bawaannya jadi pengin malas-malasan aja di rumah. Tapi, nggak mungkin kan malas-malasan terus karena kita harus kuliah, kerja, atau mungkin traveling. Hihihi… Nah, pegipegi punya beberapa tips nih supaya kamu tetap sehat ketika traveling di musim pancaroba seperti sekarang.

1. Perhatikan pakaian yang kamu pakai

Jika udara di siang hari sangat panas, jangan lupa membawa beberapa fashion item yang bisa melindungin kamu dari teriknya sinar matahari, seperti topi, syal, atau payung. Atau kamu juga bisa menggunakan kacamata hitam saat berjemur di pantai. Masker juga berguna lho untuk melindungi pernapasan kamu dari debu di jalan. Sedangkan jika kamu mengalami kedinginan akibat hujan di malam hari, kamu bisa menggunakan jaket atau sweater supaya kamu nggak kedinginanan.

using umbrella

www.adventureinyou.com

2. Minum air putih yang banyak

Air putih merupakan obat mujarab yang bisa mencegah dan menyembuhkan banyak penyakit. Jika kurang minum air putih, kamu bisa mengalami panas dalam, susah buang air besar, dehidrasi, dan sebagainya. Sebelum kamu mengalami hal itu, lebih baik kamu cegah dengan minum air putih yang banyak kan? Jadi, ketika jalan-jalan, jangan lupa untuk bawa botol minum sendiri yang ukurannya besar.

drinking water

www.healthmindbodies.com

3. Makan makanan yang bergizi

Selain minum air putih yang banyak, tentu aja makanan yang kamu makan berpengaruh terhadap kesehatan kamu di musim pancaroba. Usahakan jangan terlalu banyak makan makanan yang nggak sehat ketika traveling. Saat sarapan pagi di hotel perbanyak sayur dan buah supaya kamu tetap sehat. Dan juga perbanyak protein, seperti telur dan susu agar daya tahan tubuh kamu kuat. Jangan terlalu banyak makan junk food atau karbohidrat yang bikin tubuh kamu mudah lemas.

healthy food

www.austinrealtyconsultants.com

4. Minum vitamin

Saat traveling, sudah pasti tenaga yang kamu keluarkan lebih banyak ketimbang di keseharianmu. Biasanya kamu butuh asupan gizi yang lebih supaya daya tahan tubuh kamu tetap terjaga. Salah satu cara menambah asupan gizi adalah dengan mengonsumsi vitamin. Jenis vitamin yang dikonsumsi sih tergantung dari kebutuhan tubuh kamu sendiri. Mungkin sebelumnya kamu bisa konsultasikan hal ini ke dokter. Biasanya, vitamin yang sering dijadikan andalan adalah vitamin C karena bisa membuat daya tahun tubuh kamu lebih prima.

vitamin C

www.wilx.com

5. Luangkan waktu untuk olahraga

Memang sih waktu yang kamu punyasaat traveling cenderung padat, sehingga kamu nggak sempat berolahraga. Tapi, setidaknya kamu melakukan olahraga ringan, seperti push up di kamar hotel, jalan kaki atau bersepeda di taman hotel. Fasilitas hotel seperti kolam renang atau gym juga bisa kamu manfaatkan, lho. Jadi, jangan lupa untuk bangun lebih pagi buat berolahraga ketika traveling, ya!

Y934363081

Dok. pegipegi

6. Jaga kebersihan

Kamu nggak akan pernah tahu apakah kota atau negara yang kamu singgahi untuk traveling bebas dari virus atau nggak. Untuk mencegah hal itu, pastinya kamu harus sering menjaga kebersihan dong. Misal, dengan mencuci tangan sebelum makan, melap alat makan yang kamu gunakan dengan tisu, sering-sering menggunakan hand sanitizer, rajin cuci muka, dan nggak malas mandi sebelum tidur.

washing hand

www.dragonflytreasure.blogspot.com

7. Tidur yang cukup

Ketika traveling sudah pasti waktu tidur lebih berkurang dari biasanya. Jadi, usahakan agar ketika kamu sudah sampai di hotel, sehabis mandi, usahakan langsung tidur supaya jam tidur kamu nggak bertambah larut. Jika perjalanan kamu ke tempat wisata lumayan jauh, kamu bisa manfaatkan hal itu untuk tidur sejenak di mobil.

sleep at hotel

www.scoopwhoop.com

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Nggak ada yang perlu ditakuti kan saat traveling di musim pancaroba? Selain menjaga kesehatan, kamu juga perlu menjaga dompetmu supaya nggak kering ketika traveling. Caranya tentu dengan mencari tiket pesawat dan hotel murah lewat pegipegi.com! Dijamin tubuh kamu sehat dan kantung kamu nggak kering. Hihihi…

cari tiket pesawat murah cari hotel murah

 

8 Hotel Murah di Bandung yang Sering Masuk Instagram

Posted: 26 Mar 2016 08:09 PM PDT

Delapan hotel murah di Bandung berikut ini sudah sering masuk Instagram. Saking senangnya dengan fasilitas, pelayanan hotel yang disediakan,dan desain interior hotel yang menarik,  para instagrammers nggak sungkan untuk “mempromosikan” hotel ini. Kamu juga bisa eksis di Instragam seperti mereka dengan menginap di delapan hotel murah berikut ini.

Tebu Hotel Bandung by Wilson Hotels adalah hotel baru di Bandung yang beralamat di jalan R.E. Martadinata (Riau) no. 62. Tebu Hotel menawarkan kamar yang manis, nyaman, bernuanas hijau seperti warna tebu, dan juga pelayanan yang ramah. Meskipun masih tergolong baru, tapi Tebu Hotel sudah sering masuk Instagram, lho. Kamu juga bisa pamer kegiatan menginap kamu di Tebu Hotel dengan harga mulai dari Rp 320.661* aja per malam jika kamu pesan lewat pegipegi.com.

tebu hotel

Klik gambar untuk lihat lebih banyak foto tamu hotel di Instagram.

tebu hotel 2

Klik gambar untuk lihat detail harga dan hotel.

lihat Tebu Hotel Bandung by Willson Hotels

2. Grand Serela Setiabudhi Bandung

Grand Serela Setiabudhi Bandung merupakan hotel yang terletak di pusat kota Bandung dengan serangkaian fasilitas yang dibutuhkan wisatawan. Selain fasilitasnya lengkap, penampilannya juga cantik, sehingga bikin tamu yang menginap di sana jadi ketagihan buat foto-foto, sekaligus check in di Instagram. Kamu bisa menginap di hotel yang terletak di jalan Hegarmanah 9-15 Setiabudi Bandung ini dengan harga mulai dari Rp 330.992* aja per malam jika kamu pesan lewat pegipegi.com.

grand serela sethiabudi bandung

Klik gambar untuk lihat lebih banyak foto tamu hotel di Instagram.

grand serela setiabudhi bandung 2

Klik gambar untuk lihat detail harga dan hotel.

lihat grand serela hotel setiabudhi Bandung

3. favehotel Braga Bandung

favehotel Braga Bandung terletak di jalan Braga no. 99 – 101 dan menawarkan layanan untuk para wisatawan sekaligus pebisnis dengan biaya terjangkau. Warna interior hotel yang khas juga membuat para instagrammers suka foto-foto dan check in di Instagram. Jika kamu juga ingin menginap di favehotel Braga Bandung, kamu bisa mendapatkan harga mulai dari Rp 338 ribu* aja per malam jika kamu pesan lewat pegipegi.com.

favehotel braga bandung

Klik gambar untuk lihat lebih banyak foto tamu hotel di Instagram.

favehotel braga bandung 2

Klik gambar untuk lihat detail harga dan hotel.

lihat favehotel braga bandung

4. Hotel Grandia

Hotel Grandia adalah hotel bintang empat yang nyaman, bersih, dan dilengkapi fasilitas berkelas. Hotel yang terletak di jalan Cihampelas no. 82 ini sering masuk Instagram karena banyak tamu yang share foto menginap mereka, sekaligus check in. Rata-rata sih lebih banyak yang pamer foto mereka di kolam renang. Kamu juga bisa pamer foto kamu lagi berenang atau menikmati fasilitas di Hotel Grandia dengan membayar biaya menginap sebesar Rp 415,140* aja jika kamu pesan lewat pegipegi.com.

hotel grandia

Klik gambar untuk lihat lebih banyak foto tamu hotel di Instagram.

hotel grandia 2

Klik gambar untuk lihat detail dan harga hotel.

lihat hotel grandia

5. PRIME PARK Hotel Bandung

PRIME PARK Hotel Bandung merupakan penginapan dengan suasana premium yang menawarkan fasilitas lengkap dan gaya hidup sehat. Lingkungannya juga aman dan bersih. Hotel yang terletak di jalan P.H.H. Mustofa no. 47/57 ini terbukti laris karena banyak yang check in di alamat tersebut melalui Instagram. Biasanya sih, para tamu suka banget nge-post foto mereka pas lagi berenang atau ketika lagi lihat pemandangan indah di sekitar hotel. Kamu juga bisa menginap sekaligus pamer foto di setiap sudut PRIME PARK Hotel Bandung dengan harga mulai dari Rp 495.868* aja per malam jika kamu pesan lewat pegipegi.com.

PRIME PARK Hotel Bandung 1

Klik gambar untuk lihat lebih banyak foto tamu hotel di Instagram.

PRIME PARK Hotel Bandung 2

Klik gambar untuk lihat detail harga dan hotel.

lihat PRIME PARK Hotel Bandung

6. Aston Tropicana

Aston Tropicana adalah hotel yang strategis dan mewah di Cihampelas. Kamu bisa merasakan layanan yang tulus dan fasilitas lengkap di Aston Tropicana, seperti Wi-Fi gratis, resto, lounge, kolam renang, spa, dan lain-lain. Banyak tamu Aston Tropicana yang pamer foto, sekaligus check in di Instagram! Soalnya interiornya mewah dan hotelnya nyaman, sih! Kamu juga bisa foto-foto di hotel yang terletak di jalan Cihampelas 125 – 129 ini, sekaligus menginap dengan harga mulai dari Rp 598 ribu* per malam jika kamu pesan lewat pegipegi.com.

aston tropicana

Klik gambar untuk lihat lebih banyak foto tamu hotel di Instagram.

aston tropicana 2

Klik gambar untuk lihat detail harga dan hotel.

lihat aston tropicana

7. Grand Royal Panghegar

Grand Royal Panghegar terletak di jantung Kota Bandung dan dikelilingi oleh pusat bisnis dan hiburan. Dilengkapi pula dengan Ballroom yang berkapasitas besar. Jadi, nggak heran jika banyak wisatawan yang memilih untuk menginap di Grand Royal Panghegar, sekaligus foto-foto dan check in di Instagram. Kamu juga bisa lho menginap di hotel yang terletak di jalan Merdeka no. 2 ini dengan harga mulai dari Rp 451.446* aja per malam jika kamu pesan lewat pegipegi.com.

grand royal panghegar

Klik gambar untuk lihat lebih banyak foto tamu hotel.

grand royal panghegar 2

Klik gambar untuk lihat detail harga dan hotel.

lihat grand royal panghegar

8. Savoy Homann Bidakara Hotel

Savoy Homann Bidakara Hotel memiliki kombinasi unik antara dekorasi elegan dengan nuansa tropis, dan dilengkapi dengan fasilitas mewah. Hotel yang terletak di jalan Asia Afrika 112 ini cukup sering dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan berbagai acara, pertemuan bisnis dan resepsi pernikahan. Jadi, cukup banyak tamu yang nge-post foto sekaligus check in di Instagram. Kamu bisa menginap, sekaligus mengadakan acara di Savoy Homann Bidakara Hotel dengan harga mulai dari Rp 991.736* per malam jika kamu pesan lewat pegipegi.com.

Savoy Homann Bidakara Hotel

Klik gambar untuk lihat lebih banyak foto tamu hotel di Instagram.

Savoy Homann Bidakara Hotel

Klik gambar untuk lihat detail harga dan hotel.

lihat Savoy Homann Bidakara Hotel

*Harga berlaku saat artikel dibuat

 

 

Omed-Omedan: Tradisi Ciuman Massal untuk Para Jomblo

Posted: 26 Mar 2016 10:18 AM PDT

Ternyata, acara ciuman massal sah-sah aja di Bali. Sayangnya, acara yang dinantikan oleh para jomblo ini cuma dilakukan setahun sekali. Nama acara ciuman massal di Bali ini disebut Omed-omedan, yang artinya tarik-tarikan. Omed-omedan atau juga disebut Med-medan rutin digelar setiap tahun di Bali, sehari setelah hari raya Nyepi atau yang disebut sebagai hari Ngembak Geni. Konon, acara ini sudah diwariskan sejak tahun 1900-an dan hanya bisa ditemukan di Banjar Kaja Sesetan, Denpasar.

Seperti apa acaranya?

Acara diawali dengan sembahyang bersama, lalu dilanjutkan dengan pementasan tarian barong bangkal (barong berkepala babi) hingga penarinya kesurupan. Jika sudah terjadi kesurupan, berarti acara Omed-omedan sudah mendapat izin dari Ida Bathara yang bersemayam di Pura Banjar. Tidak ada persyaratan untuk ikut acara ini. Asalkan merupakan anggota Sekaha teruna-teruni di Banjar Kaja. Yang nggak boleh ikutan adalah remaja cewek yang sedang datang bulan supaya nggak menodai kesucian acara.

Anggota sekaa teruna (cowok) berada di kiri (utara jalan) dan anggota sekaa teruni (cewek) berada di kanan (selatan). Mereka adalah pemuda dan pemudi yang masih jomblo. Namun, mereka nggak boleh memilih pasangan sendiri. Pasangan mereka sudah ditentukan oleh panitia. Kemudian, di depan penonton, seorang cewek peserta Omed-omedan mendapat giliran, dipanggul ramai-ramai dari salah satu sisi di tengah jalan raya Sesetan. Kemudian, dari arah berlawanan, dipanggul seorang peserta cowok hingga keduanya bertemu dan saling berangkulan, berpelukan, dan berciuman.

Saat mengetahui calon pasangannya bukan orang yang dikehendaki, si cewek maupun cowok spontan berteriak histeris dan mulai mempersiapkan kuda-kuda dengan membungkuk agar sulit dicium dan terhindar dari ciuman bibir. Untuk memisahkan pergulatan, keduanya disiram air oleh panitia dengan menggunakan ember atau semprotan.

omed-omedan 1

www.photo.sf.co.ua

 

Awal Tradisi Omed-Omedan

Awalnya, Raja Puri Oka (seorang keturunan raja di Bali) marah besar saat melihat rakyatnya menggelar Omed-omedan. Beliau marah besar saat melihat warganya melakukan adegan yang dianggap panas. Tapi, nggak disangka, Raja Puri Oka yang sedang sakit keras malah sembuh setelah melihat upacara tersebut. Padahal, tadinya penyakitnya nggak kunjung sembuh, meskipun sudah berobat ke banyak tabib. Raja Puri Oka pun mengeluarkan titah agar Omed-omedan dilakukan setiap tahun, sehari setelah Nyepi.

Warga setempat meyakini, bila acara ini nggak diselenggarakan, dalam satu tahun mendatang, berkah Sang Dewata akan sulit didatangkan dan berbagai peristiwa buruk akan datang menimpa. Tahun 1970-an, tradisi ini pernah ditiadakan, tiba-tiba di pelataran Pura terjadi perkelahian dua ekor babi. Mereka terluka dan berdarah-darah, lalu menghilang begitu saja. Peristiwa itu dianggap sebagai pertanda buruk bagi semua warga Banjar.

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Tradisi Omed-omedan memang nggak selalu diadakan, tapi Bali tetaplah jadi destinasi yang diimpikan semua orang. Jika kamu ada rencana ke Bali, jangan lupa cari tiket pesawat dan hotel murah di Bali. Dijamin kamu bakal dapat banyak diskon. Selamat traveling!

cari tiket pesawat murah cari hotel murah di bali

 

 

 

 

10 Tempat WIsata di Indonesia yang Mirip di Luar Negeri

Posted: 26 Mar 2016 07:32 AM PDT

Nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri, soalnya dengan berwisata di Indonesia aja, kamu juga bisa merasakan sensasi liburan ke luar negeri! 10 tempat wisata di Indonesia berikut ini memiliki pesona yang nggak jauh beda jika dibandingkan dengan luar negeri. Perhatikan aja perbandingan fotonya, dijamin kamu akan terpesona.

1. Candi Sukuh, Karanganyar, Jawa Tengah VS Chicen Itza, Meksiko

candi sukuh

Candi Sukuh (www.youtube.com)

Chichen Itza

Chicen Itza (www.meridatours.net)

2. Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri VS Arc de Triomphe, Perancis

simpang lima

Monumen Simpang Lima Gumul (www.panoramio.com)

arc-de-triomphe-143005_960_720

Arc de Triomphe (www.pixabay.com)

3. Punthuk Setumbu, Magelang VS Bagan, Myanmar

Punthuk-Setumbu-Borobudur

Punthuk Setumbu (http://fajarindra.web.id/)

bagan

http://www.photoburst.net/

4. Candi Prambanan, Yogyakarta VS Angkor Wat, Kamboja

prambanan

Candi Prambanan (www.bicarawisata.wordpress.com)

angkor wat

Angkor Wat (www.panduanwisata.id)

5. Pasar Apung, Banjarmasin VS Floating Market, Thailand

pasar apung

Pasar Apung (www.travel.kompas.com)

floating market

Floating Market (www.neeord.com)

6. Gumuk Pasir Parangkusumo, Yogyakarta VS Gurun Sahara, Afrika

Gumuk Pasir

Gumuk Pasir Parangkusumo (http://www.brobali.com/)

gurun sahara

Gurun Sahara (www.dearyoti.com)

7. Hutan Bambu Keputih, Surabaya VS Hutan Bambu Sagano, Jepang

hutan bambu kemutih

Hutan Bambu Keputih (www.indonesiain4k.com)

hutan bambu jepang

Hutan Bambu Sagano (http://gambarwisata.com)

8. Raja Ampat, Papua VS  Phi Phi Island, Thailand

raja ampat

Raja Ampat (www.anekatempatwisata.com)

phi phi island

Phi Phi Island (www.kannadigaworld.com)

9. Patung Buddha Tidur, Mojokerto VS Patung Buddha Tidur Wat Pho, Thailand

 

patung buddha tidur jawa

Patung Buddha Tidur Mojokerto (apriskapuspitahadi.wordpress.com)

Patung buddha tidur wat pho

Patung Tidur Buddha Wat Pho (archipelagoslink.blogspot.com)

10. Kebun Raya Cibodas VS Bunga Sakura di Jepang

kebun raya cibodas

Kebun Raya Cibodas (www.masadera.com)

bunga sakura

Bunga Sakura di Jepang (www.arahma173.wordpress.com)

 

 

Sudah lihat kan betapa indahnya Indonesia yang nggak kalah keren dari luar negeri? Tunggu apa lagi? Langsung aja siapkan destinasi traveling-mu selanjutnya dengan beli tiket pesawat dan hotel murah lewat pegipegi.com!

cari tiket pesawat murah cari hotel murah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar