Sabtu, 16 April 2016

Info Travel PegiPegi.com

Info Travel PegiPegi.com


Panduan Wisata di Jogja

Posted: 15 Apr 2016 02:05 AM PDT

Yogyakarta, atau lebih dikenal dengan sebutan Jogja dan Jogjakarta, memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan daerah-daerah lain di Indonesia. Terletak berbatasan dengan provinsi Jawa Tengah, Jogja masih menganut sistem kesultanan di mana kepala daerah yang berkuasa diangkat oleh presiden dari keturunan keluarga sultan.

Seperti halnya Bali dan Bandung, Jogja juga menjadi destinasi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Ini  karena Jogja menawarkan banyak atraksi wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari candi bersejarah, kampung batik, pantai berpasir putih hingga pusat belanja. Jogja juga dikenal sebagai tempat wisata dengan biaya terjangkau karena harga hotel dan kuliner relatif lebih rendah dibandingkan kota-kota besar lain di Pulau Jawa. Namun, seiring meningkatnya industri pariwisata, wisatawan juga dapat menemukan hotel dan restoran yang membanderol harga seperti di Jakarta ataupun Bali.

Bukan hanya itu, Jogja pun dikenal sebagai kota pelajar karena banyaknya sekolah tinggi yang terdapat di kota ini, yaitu mencapai 136 institusi pemerintah maupun swasta.

 

Masyarakat di Jogja

Memiliki latar budaya keraton yang kental, masyarakat Jogja umumnya dikenal ramah dengan gaya bicara yang sopan dan halus. Masyarakat Jogja juga sangat akrab dengan dunia seni dan sangat bangga terhadap budaya mereka.

Sebagian besar penduduk Jogja adalah pemeluk agama Islam, yaitu mencapai sekitar 90 persen. Sedangkan suku bangsa terbesar di Jogja berasal dari Jawa, diikuti dengan suku bangsa Sunda, Melayu, Tionghoa, Batak, Minangkabau hingga Bali.

 

Budaya di Jogja

Jogja dan budaya adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Mulai dari tarian adat, tradisi atau ritual hingga kerajinan tangan, terutama perak, semua menjadi andalan wisata di Jogja. Contohnya, pertunjukan Sendratari Ramayana yang digelar di Candi Prambanan yang biasanya dimulai pukul 7-9 malam. Selain itu, masih ada Upacara Sekaten yang dilaksanakan dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW; serta Upacara Tumplak Wakjik yang merupakan pembuatan makanan khas Wajik, yang biasanya terbuat dari beras ketan dan gula kelapa.

Artikel terkait
budaya jogja

Wisata Sejarah dan Budaya di Yogyakarta

Selain dikenal dengan berbagai wisata alam yang indah seperti Gua Pindul dan Pantai Siung, Jogja memiliki banyak destinasi wisata sejarah dan budaya yang tak kalah menarik.
tari ramayana

Terpesona Sendratari Ramayana di Prambanan

Biarpun sendratari Ramayana tidak se-populer konser musik modern, tapi coba datang sendiri ke area Candi Prambanan untuk menyaksikan betapa mempesonanya acara ini.
museum affandi

Museum Affandi; destinasi wisata Jogja yang wajib dikunjungi

Kali ini pegipegi mau ajak kamu semua untuk menengkok Museum Affandi yang atapnya menyerupai bentuk daun ini.

Destinasi & Aktivitas Populer di Jogja

Sebagai salah satu kota budaya di Indonesia, wisata budaya memang menjadi andalan di Jogja. Kamu bisa mengunjungi beberapa museum menarik yang ada di Jogja seperti Museum Affandi dan Museum Ullen Sentalu di Kaliurang yang konon didapuk sebagai museum terbaik di Indonesia. Kamu juga bisa menyelami budaya Jogja lebih jauh dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti Kraton, Istana Air Taman Sari dan Benteng Vredeburg.

Bukan hanya budaya, Jogja juga identik sebagai pusat batik dan kerajinan perak. Buat pecinta batik, langsung datang ke kawasan Malioboro atau salah satu kampong batik yang banyak terdapat di Jogja. Sementara, untuk pecinta perak, kamu bisa melintasi Kota Gede dan mencari hasil kerajinan perak kesukaanmu.

Lebih lanjut, Jogja kini pun semakin dikenal lewat keindahan pantainya, terlebih pantai-pantai di kawasan Gunung Kidul. Pantai Siung, Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal, Pantai Krakal dan Pantai Pok Tunggal adalah beberapa pantai yang populer di Jogja.

Artikel terkait
kalibiru

Melihat Jogja dari sudut pandang baru di Desa Wisata Kalibiru

Bertualang di Desa Wisata Kalibiru adalah jawaban pagi para pelancong yang bosan dengan suasana itu-itu saja di Yogyakarta.
borobudur sunrise

Berburu sunrise di Candi Borobudur

Tahukah kamu kalau banyak wisatawan yang berburu sunrise di Candi Borobudur? Simak yuk bagaimana caranya berburu sunrise dari pegipegi.
desa nglinggo

Mengenal Alam Lebih Dekat di Desa Wisata Nglinggo

Buat kamu yang tinggal atau sedang berkunjung ke Jogja, Desa Wisata Nglinggo bisa jadi sarana relaksasi dan melarikan diri dari kesibukan perkotaan.
taman sari

Keindahan arsitektur kuno di Taman Sari Yogyakarta

Keindahan arsitektur kuno serta pemandangan menakjubkan menjadikan Taman Sari sebagai salah satu objek wisata tak lekang oleh waktu.
desa jelok

Desa Wisata Jelok, eksotisme ala Yogyakarta tempoe doeloe

Mau liburan ke Jogja tapi nggak nyaman dengan keramaian dan keruwetan suasana kota? Coba deh ke Desa Wisata Jelok.

Event & Festival di Jogja

Sepanjang tahun, event dan festival menarik digelar di seluruh kawasan Jogja. Mulai dari festival budaya hingga festival musik bisa kamu temukan di Jogja. Sekaten dan Grebeg Maulid yang diselenggarakan oleh Kraton Jogja bisa jadi merupakan acara tahunan paling meriah yang digelar di Jogja. Pesta rakyat tahunan ini menampilkan beragam hiburan atraktif yang bisa dinikmati seluruh warga Jogja, termasuk pembagian door prize.

Kalau kamu lebih suka festival modern, Jogja juga menawarkan Festival Kebudyaan Jogja yang menyuguhkan macam-macam pertunjukan seni. Pecinta musik tentu menunggu kehadiran Ngayogjazz yang biasanya digelar di venue-venue yang tidak biasa.

 

Kuliner di Jogja

Belum 'sah' ke Jogja kalau kamu belum mencicipi ragam kuliner tradisional Jogja. Bicara soal Jogja, tentu saja bicara gudeg yang menjadi hidangan khas kota ini. Jadi, pastikan kamu tidak melewatkan kesempatan mencicipi kuliner ini ya!

Selain gudeg, di Jogja juga banyak ditemukan angkringan alias warung-warung makan di pinggir jalan yang menawarkan hidangan tak kalah lezat dari restoran mewah.

Tapi, kalau kamu mau menikmati pengalaman mewah dalam bersantap, Jogja juga punya banyak restoran cantik dengan konsep fine dining ataupun casual yang cocok untuk momen istimewa kamu.

Artikel terkait
gudeg jogja

Ke Jogja, Jangan Lupa Mencicipi Makanan Ini

Selain tempat wisata yang menarik, Jogja juga memiliki kuliner lezat yang sayang untuk dilewatkan. Apa saja makanan khas dan legendaris dari Jogja?
gudeg

5 Gudeg Terfavorit di Yogyakarta

Buat travelers yang berencana berkunjung ke Jogja dalam waktu dekat, pegipegi punya rekomendasi tempat gudeg terfavorit, nih.
kedai ami kelinci

Makan Daging Kelinci di Kedai Ami Kelinci

Kalau kamu suka makan daging kelinci, mampir aja ke resto Ami Kelinci di Yogyakarta. Kedainya sederhana, tapi bersih dan bernuansa pedesaan.
gudeg yu djum

Nikmatnya Gudeg Yu Djum hingga suapan terakhir

Pengin tahu kenapa Gudeg Yu Djum jadi buruan penikmat kuliner tradisional di Jogjakarta? Pegipegi punya jawabannya buat kamu.

Transportasi di Jogja

Jogja sangat menyadari posisinya sebagai kota wisata sehingga pemerintah daerahnya menyediakan beragam pilihan transportasi publik yang nyaman. Mulai dari transportasi tradisional seperti andong, atau kereta kayu bertenaga kuda, yang biasanya kamu temukan di Malioboro, bus kota Trans Jogja dengan rute menarik di sekeliling Jogja hingga penyewaan motor dan mobil untuk wisatawan yang ingin lebih fleksibel dalam mengeksplorasi kota budaya ini.

 

Hotel di Jogja

Seiiring perkembangan pariwisata Jogja, hotel-hotel baru pun terus bermunculan di Kota Gudeg ini. Jadi, kamu nggak perlu khawatir memikirkan akomodasi karena Jogja punya banyak banget pilihan hotel buat kamu, mulai dari hostel murah meriah untuk backpacker sampai hotel mewah untuk kamu memanjakan diri.

Untuk tamu rombongan, Jogja juga punya pilihan akomodasi berupa villa yang banyak berlokasi di kawasan Kaliurang. Tapi kalau kamu mau menghemat budget akomodasi, Jogja juga punya banyak wisma atau guest house nyaman dengan harga terjangkau yang bisa dijadikan tempat menginap untuk rombongan.

Artikel terkait
hotel mewah jogja

8 Hotel Mewah di Yogyakarta dengan Pemandangan Indah, Harga Mulai dari Rp 300 Ribuan

Jika kamu pengin tinggal di hotel yang suasananya mewah untuk memanjakan diri, kamu bisa menginap di delapan hotel mewah berikut ini sekaligus traveling ke Yogyakarta.
tegal panggung

5 Hotel Instagenic di Yogyakarta Cuma Rp 300 Ribuan

Pegipegi mau merekomendasikan lima hotel instagenic di Yogyakarta yang harganya cuma Rp 300 ribuan! Terjangkau banget, kan!
hotel asri

5 hotel dengan konsep asri di Yogyakarta

Jogja memang terkenal dengan kotanya yang asri. Berikut adalah ulasan Pegipegi mengenai tempat penginapan dengan konsep asri di Yogyakarta.
hotel malioboro

Hotel-hotel nyaman di dekat Malioboro, Yogyakarta

Selama di Yogyakarta, pastinya kamu menginginkan tempat penginapan praktis yang berada tidak jauh dari pusat kota seperti Malioboro dan Keraton.

Pertama Kali ke Jogja?

Walaupun termasuk salah satu kota wisata paling populer di Indonesia, sebaiknya kamu cari tahu soal aturan atau norma-norma yang berlaku di Jogja supaya tidak menyinggung masyarakat setempat. Cari tahu juga tips dan informasi lain yang kamu butuhkan selama liburan di Jogja supaya liburan kamu berjalan lancar.

Artikel terkait
candi ratu boko

5 tempat wajib kunjung di Yogyakarta

Yogyakarta memberikan traveler cukup banyak destinasi wisata yang wajib didatangi. Ini dia lima tempat yang wajib kamu kunjungi saat traveling ke Yogyakarta.
parangkusumo

Traveling ke Yogyakarta yuk

Jadi, ke mana ya enaknya mengahabiskan waktu libura di Yogyakarta tanpa harus menghabiskan dana besar? Yuk, simak uraian pegipegi berikut ini.
parangtritis

Benarkah tak boleh berbaju hijau di Pantai Parangtritis?

Meski kini pantai baru di sekitar Yogyakarta seperti Pantai Indrayanti sedang naik daun, tapi imej Pantai Parangtritis seperti tak tergoyahkan dan kehilangan daya tariknya.
cokelat monggo

Rekomendasi oleh-oleh/souvenir khas Yogyakarta

Oleh-oleh khas Jogjakarta apa ya yang perlu masuk daftar belanja saat berlibur ke Kota Pelajar ini? Simak deh rekomendasi pegipegi.

Liburan Murah di Jogja

Sudah menjadi rahasia umum kalau Jogja adalah destinasi favorit backpacker. Soalnya, gampang banget mewujudkan liburan murah dan memuaskan di Jogja. Bukan hanya menawarkan penginapan-penginapan murah, Jogja juga memiliki pilihan kuliner murah yang beragam, salah satu yang paling terkenal tentunya di angkringan Malioboro.

Artikel terkait
jogja murah

Keliling Jogjakarta dengan bujet Rp 1 Juta

Mau liburan di Jogja tapi bujet pas-pasan? Nggak perlu khawatir, kamu bisa kok keliling Jogja dengan bujet Rp 1 juta.
hotel murah jogja

Hotel murah di Yogyakarta dengan tarif di bawah Rp 100.000

Kamu berencana backpacking ke Yogyakarta? Pastikan simak artikel ini sampai habis karena pegipegi bakal mengupas tentang hotel-hotel yang ramah di kantong.
prambanan

Jalan-jalan ke Jogja di bawah 1 juta. Mau?

Dua hari satu malam di Jogja dengan budget kurang dari 1 juta? Bisa dong! Nih, pegipegi punya rekomendasinya!
hotel rombongan

8 Hotel di Yogyakarta untuk Libur Bareng Rombongan Mulai dari Rp 100 ribuan

Kota Yogyakarta dapat menjadi destinasi lokasi kumpul-kumpul yang paling pas buat kamu. Untuk penginapannya, simak dulu yuk rekomendasi pegipegi berikut!

Liburan Keluarga di Jogja

Jogja adalah salah satu destinasi 'ramah' untuk liburan keluarga. Selain relatif mudah dijangkau, tempat-tempat wisata di Jogja juga relatif lebih terjangkau dibandingkan destinasi liburan populer lain seperti Bandung dan Bali.

Selain wisata sejarah seperti Candi Ratu Boko, Candi Prambanan dan Candi Borobudur, kamu dan keluarga bisa datang ke Kebun Binatang Gembira Loka yang memiliki  koleksi hewan lengkap. Taman bermain dan belajar untuk anak seperti Taman Pintar dan Kids Fun juga jadi pilihan aktivitas seru untuk liburan keluarga di Jogja. Kalau kamu mau menikmati suasana pegunungan yang sejuk, datang saja ke Kaliurang di kaki Gunung Merapi yang menawarkan banyak tempat wisata untuk keluarga.

Artikel terkait
gembiraloka

Kebun Binatang Gembiraloka, wisata fantastis di tengah kota Yogya

Travelers, pada tahu nggak sih kalo Kota Yogyakarta juga punya kebun binatang? Namanya Kebun Binatang Gembiraloka dan letaknya strategis banget karena ada di tengah kota.
pantai baron

Wisata keluarga? Ke Pantai Baron di Yogyakarta aja, yuk!

Pantai Baron Gunung Kidul menjadi destinasi wisata keluarga yang cukup populer buat warga Yogyakarta dan sekitarnya. So kalau kamu lagi plesiran ke Yogyakarta bisa mampir ke sana.
hotel keluarga jogja

Rekomendasi hotel nyaman untuk liburan keluarga Di Yogyakarta

Kamu juga tidak perlu pusing memikirkan hotel untuk liburan keluarga di Jogja karena di sini ada banyak penginapan yang bisa dipilih dengan tarif bersahabat.

Liburan Romantis di Jogja

Meskipun Jogja lebih dikenal dengan wisata budaya, bukan berarti kamu nggak bisa liburan romantis di Jogja. Bayangkan romantisnya kalau kamu dan pasangan menyaksikan matahari terbit atau matahari terbenam di Candi Borobudur atau Candi Ratu Boko. Kamu juga bisa menikmati makan malam romantis di Abhayagiri Restaurant yang punya interior cantik di kawasan Candi Prambanan. Atau berpegangan tangan menyusuri kebun buah Mangunan yang menawarkan pemandangan spektakuler di Kulon Progo yang sejuk.

Artikel terkait
jogja murah

Menikmati sunset romantis di Embung Nglanggeran Jogja

Embung Nglanggeran yang terletak di atas bukit bisa jadi spot sempurna untuk menikmati kecantikan sunset dan sunrise bersama orang tercinta.
tjokro style

5 Hotel Romantis di Yogyakarta dengan Tarif di Bawah Rp 300 Ribu

Biar makin mesra dengan pasangan, nggak ada salahnya jika kamu kasih surprise ke pasangan dengan booking salah satu dari lima hotel romantis di Yogykarta berikut ini.
prewed jogja

7 Tempat Foto Pre Wedding Gratis di Yogyakarta

Ada beberapa tempat wisata hits di Jogja yang bisa kamu manfaatkan buat foto pre wedding gratis. Dijamin hasil foto pre wedding kamu bakal cetar!

Liburan Petualangan di Jogja

Selain wisata sejarah dan budaya, Jogja juga semakin populer dengan pilihan liburan petualangannya. Mulai dari panjat tebing di Pantai Siung, cave tubing di Gua Pindul, lava tour di Gunung Merapi hingga sandboarding di gumuk pasir Parangkusumo. Semua aktivitas ini sangat populer di kalangan turis yang ingin menantang adrenalin mereka.

Bingung mau pilih aktivitas yang mana? Nggak perlu khawatir, di Jogja kamu bisa menemukan banyak penyelenggara tur yang sudah berpengalaman dengan kegiatan-kegiatan ini.

Artikel terkait
cave tubing

Asyiknya Menyusuri Goa Pindul Jogja dengan Tubing

Yogyakarta bukan hanya sekadar kota dengan sejuta keunikan tradisionalnya. Di Kota Pelajar ini kamu juga bisa temukan banyak atraksi wisata petualangan.
parangkusumo

Wush, serunya sandboarding di Gumuk Pasir Yogyakarta

Kalau kamu termasuk orang yang hobi kegiatan outbound sambil menantang adrenalin, pasti langsung semangat melakukan olahraga ini saat liburan ke Kota Gudeg.

Indahnya Bunga Sakura dari Jepretan Fotografer Hidenobu Suzuki

Posted: 15 Apr 2016 01:50 AM PDT

Mekarnya Bunga Sakura (Prunus sp) sangat ditunggu-tunggu oleh hampir seluruh penduduk Jepang maupun para travelers. Nggak heran, selain cantik banget, momen ini juga langka. Karena, cuma terjadi satu tahun sekali dan mekarnya hanya seminggu di awal musim semi.

Bagi orang Jepang sendiri, sakura sering dianggap sebagai simbol penting tentang kehidupan, kematian, kegembiraan, dan pengingat akan kehidupan yang tidak kekal. Saking pentingnya, mereka bahkan punya tradisi piknik ramai-ramai di bawah pohon sakura yang disebut Hanami. Tradisi Hanami ini sudah dilakukan sejak ratusan tahun lalu dan masih terus berlangsung hingga saat ini.

Buat yang nggak sempat menikmati langsung keindahan bunga sakura di Jepang, pegipegi udah kumpulin nih foto-fotonya buat kamu. Foto-foto cantik ini diambil oleh Hidenobu Suzuki, seorang fotografer asal Jepang yang memang hobi mendokumentasikan momen-momen spesial di negaranya.

Pohon sakura di Kyoto ini nggak cuma instagrammable banget, spot ini kayaknya juga preweddingable banget, kan?

bunga sakura

Wajah Jepang dari ketinggian saat bunga sakura mekar secara bersamaan.

bunga sakura

Bunga sakura yang berpadu cantik dengan tulip dan bunga-bunga musim semi lainnya. Cantik!

bunga sakura

Sakura, danau, dan semburat jingga matahari senja ini sempurna banget, kan?

bunga sakura

Piknik bareng keluarga dan berfoto tentu wajib banget saat hanami!

bunga sakura

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Gimana, makin mupeng untuk ke Jepang, kan? Yuk rencanakan dari sekarang! Semoga tahun depan kamu bisa berangkat ke Jepang untuk hanami ya :)

Biasanya, kalau mau pergi ke Jepang harus direncanakan dari jauh-jauh hari, nih. Supaya liburan kamu nggak menguras kantung, cari aja tiket pesawat dan hotel murah di Jepang lewat pegipegi.com.

cari tiket pesawat murah ke jepang cari hotel murah di jepang

 

Kasih Tak Sampai di Gunung Tangkuban Perahu

Posted: 15 Apr 2016 01:01 AM PDT

Letusan maha dahsyat Gunung Sunda telah membentuk kaldera (fitur vulkanik yang terbentuk dari jatuhnya tanah setelah letusan vulkanik). Kaldera itulah yang kini dikenal dengan sebutan Danau Bandung Purba yang dikelilingi oleh Gunung Tangkuban Perahu yang menyimpan kisah cinta Sangkuriang dan Dayang Sumbi.

danau purba bandung

Danau Purban Bandung (sebandung.com)

Gunung Tangkuban Perahu dipercaya memiliki kekuatan mistis

Setiap kali Gunung Tangkuban Perahu memperlihatkan aktivitas vulkaniknya, peristiwa itu selalu dihubungkan dengan Dayang Sumbi yang bernasib malang dalam legenda Sangkuriang. pegipegi pengin mengingatkan kamu soal legenda tersebut. Pada zaman dahulu kala, ada putri di Jawa Barat bernama Dayang Sumbi yang memiliki anak bernama Sangkuriang. Suatu hari, Sangkuriang pergi berburu ditemani seekor anjing bernama Tumang yang merupakan titisan dewa, sekaligus ayahnya. Saat itu, Sangkuriang belum tahu soal identitas Tumang.

Pada saat berburu, Sangkuriang bertemu dengan seekor rusa. Ia pun langsung ingat bahwa ibunya suka makan hati rusa. Akhirnya, Sangkuriang menyuruh Tumang mengejar rusa tersebut. Tapi, Tumang kehilangan jejak rusa tersebut dan Sangkuriang pun marah. Hingga ia membunuh Tumang supaya bisa mengambil hatinya.

Sesampainya di rumah, Sangkuriang memberikan hati tersebut kepada ibunya untuk dimasak. Saat memakannya, Dayang Sumbi langsung teringat pada Tumang dan menanyakannya pada Sangkuriang. Sangkuriang pun mengaku dengan ketakutan bahwa Tumang sudah mati. Dayang Sumbi pun marah besar dan langsung memukul kepala Sangkuriang dengan sendok nasi dan mengusirnya dari rumah.

Setelah kejadian itu, Dayang Sumbi sangat menyesal. Ia selalu berdoa dan tekun bertapa, hingga sang dewata memberikan anugrah kepadanya berupa kecantikan abadi dan tidak pernah tua. Sedangkan, Sangkuriang setelah diusir ibunya berkelana ke berbagai tempat. Akhirnya, Sangkuriang kembali ke tempat Dayang Sumbi dan mereka berdua pun bertemu.

indonesiaexplorer.net

indonesiaexplorer.net

Sangkuriang jatuh hati kepada Dayang Sumbi lalu melamarnya dan Dayang Sumbi menerimanya. Ketika sedang berduaan, Dayang Sumbi melihat bekas luka di kepala Sangkuriang dan Dayang Sumbi menanyakan hal itu. Sangkuriang pun mengakui bahwa bekas luka itu karena dipukul sendok nasi oleh ibunya. Dayang Sumbi pun kaget, lalu memberi tahu Sangkuriang bahwa ia adalah ibunya, tapi Sangkuriang nggak percaya dan tetap ingin menikahinya.

Kemudian, Dayang Sumbi mengajukan permintaan kepada Sangkuriang agar ia membuatkan perahu layar dalam sehari dan tidak boleh lebih. Sangkuriang menyanggupinya. Ia pun membendung Sungai Citarum untuk tempat perahunya. Dalam proses pembuatannya, Sangkuriang mendapatkan bantuan dari jin, sehingga pembuatan perahu itu hampir selesai.

Dayang Sumbi memohon bantuan dewa untuk membuat ayam jago berkokok lebih awal. Sehingga membuat jin yang membantu Sangkurian lari ketakutan dan meninggalkan Sangkuriang sendirian. Karena kesal, perahu yang hampir jadi itu ditendang oleh Sangkuriang dan terjatuh di atas gunung dan menyatu dengan gunung, hingga gunung tersebut diberi nama Tangkuban Perahu. Sangkuriang akhirnya meninggal karena terjatuh ke dalam Sungai Citarum.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu pernah meletus beberapa kali. Hal ini menyebabkan terbentuknya kawah – kawah yang cukup banyak. Namun di antara kawah – kawah tersebut, ada tiga kawah yang paling terkenal. Kawah-kawah tersebut adalah Kawah Upas, Kawah domas, dan Kawah Ratu. Diantara ketiga kawah yang terkenal di Gunung Tangkuban Perahu, yang terluas adalah Kawah Ratu. Sesuai namanya, kawah ini seakan menjadi ratu di area Gunung Tangkuban Perahu. Keindahannya dapat menarik para wisatawan yang berkunjung. Pemandangan yang cantik dapat kamu lihat dari kepulan asap belerang kawah, serta dipadu uniknya warna bebatuan kuning yang menghiasi area sekitar kawah.

Selain menyuguhkan pemandangan yang cantik, kawah ini juga sangat mudah untuk dilewati, jadi nggak heran jika pengunjung selalu menyempatkan diri untuk mendatanginya. Dengan menggunakan mobil pribadi atau dengan mobil sewaan. Sesampainya di sana, kamu dapat berkeliling dengan menunggangi kuda. Kawah ini berpagar kayu soalnya kedalaman kawahnya ekstrim. Di sekitar area Kawah Ratu berjajar kios – kios yang menjual aneka souvenir ala pegunungan. Seperti masker, topi, sarung tangan, syal, dan kerajinan tangan yang terbuat dari kayu. Ada juga warung yang menyediakan makanan kecil untuk ngemil.

Selanjutnya, ada Kawah Upas yang terletak berdampingan dengan Kawah Ratu. Kawah Upas terlihat lebih dangkal dan kecil. Jalan yang dilewati untuk menuju kawah ini juga nggak mudah. Kamu harus melewati lautan pasir yang terjal. Makanya, pengunjung di Kawah Upas nggak banyak.

Dan yang terakhir ada Kawah Domas. Kawah ini berbeda dengan kawah – kawah lain yang ada di area Tangkuban Perahu. Di sini kamu dapat melihat kawah dari titik yang sangat dekat. Berbeda dengan Kawah Ratu yang hanya bisa melihat dari kejauhan dan dibatasi pagar kayu. Di Kawah Domas kamu bisa melakukan pengujian panasnya kawah tersebut dengan merebus telur.

Di sekitar area Gunung Tangkuban Perahu ditumbuhi pohon Manarasa. Pohon ini berwarna merah dan daunnya berkhasiat untuk mengobati diare akut. Uniknya lagi, daun Manarasa dipercaya dapat membuat seseorang awet muda. Sesuai legenda dari Dayang Sumbi yang selalu mengkosumsi daun ini.

tangkuban perahu

travel.detik.com

Tips berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu

Berwisata ke gunung bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum berkunjung ke sana, yaitu:

  • Sewalah pemandu untuk memudahkan perjalanan kamu.
  • Siapkan pakaian hangat agar kamu nggak kedinginan.
  • Pakailah sepatu boots atau sneakers supaya kaki kamu tetap nyaman.
  • Gunakan masker untuk melindungi pernapasan kamu dari kepulan asap belerang yang mengganggu.
  • Pakailah kacamata untuk menghalangi debu masuk ke mata.
H

Mariday on http://depositphotos.com/

Rute perjalanan ke Gunung Tangkuban Perahu

Untuk bisa sampai pada objek wisata Gunung Tangkuban Perahu sangatlah mudah. Bagi kamu yang berasal dari luar daerah, kamu bisa transit dulu di Bandung. Dari Bandung, kamu perlu melakukan perjalanan ke arah Subang, tepatnya menuju ke arah utara dari Bandung. Jarak tempuhnya sekitar 20 km. Sesampainya di sana, banyak angkutan umum yang siap mengantar kamu ke Gunung Tangkuban Perahu apabila kamu nggak bawa kendaraan pribadi.

Nah, jika kamu berada di luar Bandung, kamu bisa menuju Bandung dengan menggunakan kereta api atau pesawat terbang. Pesannya lewat pegipegi.com aja. Dijamin harganya lebih murah ketimbang tempat lain.

cari tiket pesawat ke bandung cari tiket kereta api murah ke bandung

Harga tiket masuk Gunung Tangkuban Perahu

harga tiket masuk tangkuban perahu

http://hargatiketmasuk.com/

(Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu)

Menginaplah di Lembang

Dari Lembang menuju Gunung Tangkuban Perahu, kamu hanya perlu berkendara selama 35 menit, jadi menginap aja di Lembang. pegipegi punya banyak rekomendasi hotel murah di Lembang, mulai dari Rp 200 ribuan aja, lho. Langsung aja booking di pegipegi.com, ya!

imah seniman

Dok. pegipegi

 

cari hotel murah di lembang bandung

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar