Senin, 06 Juni 2016

Info Travel PegiPegi.com

Info Travel PegiPegi.com


10 Tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadhan di Indonesia

Posted: 05 Jun 2016 09:31 PM PDT

Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti-nantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Meskipun harus puasa selama sebulan penuh, tapi saat Ramadhan ada begitu banyak pahala yang menanti. Karena momen ini cuma terjadi setahun sekali, umat Muslim pun menyambutnya dengan antusias. Di Indonesia aja banyak tradisi unik saat mereka menyambut Ramadhan. pegipegi pengin berbagi soal 10 tradisi tersebut.

1. Dugderan

Dugderan merupakan tradisi masyarakat Semarang sejak 1881 untuk menentukan awal puasa di bulan Ramadhan karena adanya perbedaan penentuan Ramadhan di masa itu. Kini, tradisi Dugderan sudah menjadi semacam pesta rakyat. Meskipun sudah jadi semacam pesta rakyat berupa Tari Japin, arak-arakan (karnaval), hingga tabuh bedug oleh Walikota Semarang, tapi proses ritual (pengumuman awal puasa) tetap jadi puncak Dugderan. Sebelum acara tabuh bedug, biasanya ada karnaval yang diawali pemberangkatan peserta dari Balai Kota dan berakhir di Masjid Kauman (masjid Agung), dekat Pasar Johar.

Selain bunyi bedug dan meriam itu, di dalam pesta rakyat Dugderan ada juga maskot Dugderan yang dikenal dengan istilah “Warak Ngendog”. Warak Ngendog adalah sebuah mainan jenis binatang rekaan yang bertubuh kambing dan berkepala naga dengan kulit seperti bersisik dibuat dari kertas warna-warni yang terbuat dari kayu juga dilengkapi beberapa telur rebus sebagai lambang bahwa binatang itu sedang ngendog (bertelur dalam bahasa Indonesia). Ketika diselenggarakan Dugderan pertama kali, Semarang sedang krisis pangan dan telur merupakan makanan mewah.

dugderan

bakalarczyk.blogspot.com

Jika kamu ada rencana untuk merayakan bulan Ramadhan di Semarang bersama keluarga, kamu bisa pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah lewat pegipegi.com, ya! Jangan lupa untuk sekalian pesan hotel murah di Semarang!

pesan tiket pesawat murah ke semarang pesan tiket kereta api murah ke semarang  cari hotel murah di semarang

2. Nyadran

Nyadran adalah serangkaian upacara yang dilakukan oleh masyarakat Jawa, terutama Jawa Tengah. Nyadran berasal dari bahasa Sanskerta, sraddha (keyakinan). Sedangkan dalam bahasa Jawa, Nyadran berasal dari kata sadran yang artinya ruwah syakban. Nyadran sendiri adalah tradisi pembersihan makam oleh masyarakat Jawa, umumnya di pedesaan. Kegiatan yang dilakukan antara lain pembersihan makan leluhur, tabur bunga, dan puncaknya berupa kenduri selamatan di makam leluhur.

nyadran

www.satuislam.org

3. Balimau

Balimau adalah tradisi mandi menggunakan jeruk nipis yang berkembang di kalangan masyarakat Minangkabau dan biasanya dilakukan pada kawasan tertentu yang memiliki aliran sungai dan tempat pemandian. Diwariskan secara turun temurun, tradisi ini dipercaya telah berlangsung selama berabad-abad. Latar belakang dari Balimau adalah membersihkan diri secara lahir dan batin sebelum memasuki bulan Ramadhan, sesuai dengan ajaran agama Islam, yaitu menyucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa.

Secara lahir, mensucikan diri adalah mandi yang bersih. Zaman dahulu tidak setiap orang bisa mandi dengan bersih karena nggak ada sabun, banyak wilayah kekurangan air, sibuk bekerja, dan lain-lain. Saat itu, pengganti sabun di beberapa wilayah di Minangkabau adalah limau (jeruk nipis) karena bisa melarutkan minyak atau keringat di badan.

balimau

nasional.rimanews.com

4. Meugang

Meugang adalah tradisi memasak daging dan menikmatinya bersama keluarga, kerabat, dan yatim piatu oleh masyarakat Aceh. Menyembelih kurban berupa kambing atau sapi di tradisi Meugang atau Makmeugang dilaksanakan tiga kali dalam setahun, yakni Ramadhan, Idul Adha, dan Idul Fitri.

Sapi dan kambing yang disembelih berjumlah ratusan. Selain kambing dan sapi, masyarakat Aceh juga menyembelih ayam dan bebek. Tradisi Meugang di desa biasanya berlangsung satu hari sebelum bulan Ramadhan atau hari raya, sedangkan di kota berlangsung dua hari sebelum Ramadhan atau hari raya. Biasanya, masyarakat memasak daging di rumah, setelah itu dibawa ke masjid untuk dimakan bersama tetangga dan warga lain.

Setiap perayaan Meugang, seluruh keluarga atau rumah tangga memasak daging dan disantap seisi rumah. Pantang jika keluarga nggak memasak daging pada hari Meugang, apalagi Meugang memiliki nilai religius karena dilakukan di hari-hari suci umat Muslim. Masyarakat Aceh percaya bahwa nafkah yang dicari selama 11 bulan wajib disyukuri dalam bentuk tradisi Meugang.

meugang

klikkabar.com

Jika kamu ada rencana untuk merayakan Ramadhan di Aceh, kamu bisa pesan tiket pesawat murah ke Aceh lewat pegipegi.com. Jangan lupa sekalian pesan hotel murah di Aceh juga, ya!

pesan tiket pesawat murah ke aceh  cari hotel murah di aceh

5. Perlon unggahan

Perlon Unggahan pada dasarnya adalah tradisi ziarah kubur. Perlon Unggahan dilaksanakan seminggu sebelum Ramadhan di Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Tradisi Perlon Unggahan dimulai dari mengunjungi makam Bonokeling tanpa alas kaki sambil menjinjing nasi ambeng (hidangan khas Jawa yang diletakkan di atas nampan dan diberi lauk pauk di sekelilingnya).

Di makam Bonokeling tersebut, enam Kasepuhan berdoa (ziarah) dengan khusuk. Kasepuhan tersebut terdiri dari Kasepuhan Kyai Mejasari, Kyai Padawirja, Kyai Wiryatpada, Kyai Padawitama, Kyai Wangsapada, dan Kyai Naya Leksana. Setelah itu, diadakan makan besar yang diramaikan oleh warga sekitar.

Tersedia berbagai macam makanan tradisional dan yang pasti harus ada adalah nasi bungkus, serundeng sapi, dan sayur becek (berkuah). Uniknya adalah serundeng sapi dan sayur becek harus disajikan oleh 12 lelaki dewasa atau dapat disesuaikan dengan jumlah korban sapi yang disembelih. Setelah itu, biasanya para warga akan berebut makanan tersebut dengan mitos dapat menambah keberkahan di bulan Ramadhan.

perlon unggahan

www.idntimes.com

6. Malamang

Di Minangkabau, Sumatra Barat, Malamang merupakan tradisi untuk memeriahkan acara penting dalam kalendar Islam. Lamang atau lemang biasanya dihidangkan dengan tapai sipuluik yang juga terbuat dari beras ketan hitam atau beras ketan merah. Selain itu, jika musim durian tiba, lamang banyak dihidangkan bersama buah durian.

Malamang nggak mungkin dikerjakan oleh satu orang aja. Oleh karena itu, dalam Malamang dibutuhkan beberapa orang yang mampu bekerja sama. Diperlukan orang untuk mencari bambu sebagai tempat adonan, mencari kayu bakar untuk memanggang lamang, mempersiapkan bahan-bahan untuk membuat lamang seperti beras ketan, santan, dan daun pisang. Ada pula orang yang mempersiapkan adonan dan memasukkannya ke dalam bambu.

malamang

cesarzc.wordpress.com

7. Kirab Dhandhangan

Kirab Dhandhangan adalah tradisi berkumpulnya para santri di depan masjid Al Aqsha atau yang kini lebih popular disebut Masjid Menara Kudus setiap menjelang Ramadan untuk menunggu pengumuman dari Sunan Kudus tentang penentuan awal puasa. Setelah keputusan awal puasa itu disampaikan oleh Kanjeng Sunan Kudus, beduk di Masjid Menara Kudus ditabuh hingga mengeluarkan bunyi ‘dang… dang… dang’. Nah, dari suara beduk itulah, istilah Dhandhangan lahir.

Karena banyaknya orang berkumpul, tradisi Dhandhangan kemudian nggak hanya sekadar mendengarkan informasi resmi dari Masjid Menara Kudus, tapi juga dimanfaatkan para pedagang untuk berjualan di lokasi itu. Makin lama, Dhandhangan nggak hanya sehari menjelang puasa, tapi dimulai sekitar dua minggu sebelum puasa dan berakhir pada malam hari menjelang sahur pertama.

dhandangan

jateng.tribunnews.com

8. Nyorog

Masyarakat Betawi mempunyai tradisi Nyorog atau membagi-bagikan bingkisan kepada anggota keluarga atau tetangga yang dilakukan sebelum datangnya bulan Ramadhan. Dalam tradisi ini, sanak keluarga nggak jarang memberikan makanan khas Betawi seperti sayur gabus pucung yang berbahan dasar ikan gabus digoreng, kemudian dimasak menggunakan berbagai rempah seperti kemiri, cabai merah, jahe, dan kunyit.

Tradisi nyorog biasanya dilakukan oleh orang yang lebih muda kepada yang usianya lebih tua. Biasanya ada ucapan meminta restu dan memohon agar diberi kelancaran menjalankan ibadah puasa. Nyorog juga dipercaya masyarakat sebagai tanda untuk saling mengingatkan jika bulan suci Ramadhan akan segera datang. Selain itu, tradisi ini dapat mempererat tali silaturahmi antar tetangga atau keluarga.

nyorog

Dok. Pikiran Rakyat Online

9. Mungguhan

Masyarakat Sunda di Jawa Barat pada umumnya menyambut kedatangan bulan puasa dengan tradisi Mungguhan. Acara mungguhan terdiri dari kegiatan kumpul keluarga besar, sahabat, dan teman-teman untuk saling bermaafan sambil menikmati sajian makanan khas. Maksud dari tradisi ini adalah untuk mempersiapkan diri menuju puasa sebulan penuh.

Munggahan dilakukan oleh hampir semua golongan masyarakat Sunda dengan caranya masing-masing. Salah satu bentuk acara makan bersama yang dalam istilah orang Sunda disebut botram, dilakukan sambil bertamasya, baik di pegunungan, sawah, atau tempat wisata lainnya.

mungguhan

www.tribunnews.com

10. Gebyar Ki Aji Tunggal

Gebyar Ki Aji Tunggal adalah tradisi perarakan (karnaval) masyarakat Desa Karangaji, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah yang diselenggarakan dalam rangka penyambutan bulan Ramadhan. Selain bertujuan untuk syiar, kegiatan Gebyar Ki Aji Tunggal ini juga dilakukan untuk mengingatkan masyarkarat Desa Karangaji agar melakukan persiapan menyambut bulan suci Ramadhan, seperti menjaga diri dari maksiat dan meningkatkan amal ibadah. Karnaval ini juga bertujuan sebagai ajang silaturahim dan ungkapan rasa syukur atas jasa pendahulu yang mampu memberikan nilai-nilai kehidupan.

karangaji

rlisafmjepara.com

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Seru-seru, ya, tradisi menyambut bulan Ramadhan di Indonesia. Ini membuktikan bahwa di bulan Ramadhan kita nggak hanya sekadar puasa sebulan penuh untuk menahan lapar, haus, dan nafsu karena banyak tradisi unik yang bisa dilakukan. Jika kamu ada rencana berpuasa bersama keluarga di kampung halaman, jangan lupa untuk pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat pegipegi.com, ya! Selamat menunaikan ibadah puasa!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Lihat 8 Hotel Romantis di Bali Ini Bakal Bikin Kamu Ingin Cepat Menikah!

Posted: 05 Jun 2016 10:53 AM PDT

Siapa pun pasti mengakui bahwa Bali merupakan pulau yang sangat romantis. Nggak cuma wisatawan lokal yang punya mimpi ingin menikah di Bali, tapi juga wisatawan asing. Contohnya, artis Taiwan, Ken Zhu “F4” yang baru-baru ini menggelar pernikahan romantis di Bali. Biasanya, pernikahan di Bali digelar di hotel-hotel romantis yang menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indahnya! pegipegi punya rekomendasi delapan hotel romantis di Bali yang bakal bikin kamu ingin cepat menikah! Apa aja nih, hotelnya?

1. AYANA Resort and Spa Bali

Di AYANA Resort and Spa Bali, kamu bisa menggelar pesta pernikahan di lahan seluas 90 hektar, di atas bukit dengan pemandangan indah Jimbaran Bay dan Samudera Hindia yang terbentang luas. Selain itu, di saat sore hari, kamu juga bisa menikmati sunset bersama pasangan.

Y982417062

Dok. AYANA Resort and Spa Bali

wedding-the-ayana-resort

www.maestrobali.com

ayana resort and spa

Klik gambar untuk lihat detail harga dan hotel.

QS_20160605-220037

lihat AYANA Resort and Spa Bali

2. Sadara Boutique Beach Resort

Sadara Boutique Beach Resort adalah resort tepi pantai yang romantis di Nusa Dua Bali. Jika menikah di sana, kamu akan ditawarkan pemandangan perairan Samudera Hindia dan pantai berpasir putih yang cantik. Sedangkan hotelnya berdesain warisan budaya Bali yang bikin suasana lokal tetap terasa.

Y959697074

Dok. Sadara Boutique Beach Resort

sadara boutique beach resort

Klik gambar untuk lihat detail harga dan hotel.

QS_20160605-222314

lihat Sadara Boutique Beach Resort

3. Samabe Bali Resort & Villas

Menikah dengan pasangan kamu di Samabe Bali Resort & Villas akan menjadi momen yang tidak akan pernah kamu lupakan. Soalnya, kamu akan disuguhkan pemandangan Samudera Hindia di Pulau Dewata. Kamu juga dapat melangsungkan pernikahan di Pearl Chapel yang sangat megah.

bali-wedding-easy-venue-Samabe-pearl-chapel-0015

http://baliweddingeasy.com

Pearl Chapel Wedding Venue - cover

balishukawedding.com

Samabe Bali Resort & Villas

Klik gambar untuk lihat detail harga dan hotel.

lihat Samabe Bali Resort & Villas

4. The Seminyak Beach Resort & Spa

Resort ini bergaya modern dengan infinity pool cantik yang menghadap pantai juga sunset lounge yang menghadap pemandangan laut. Pastinya cocok banget buat kamu yang ingin melangsungkan pernikahan di Seminyak. Sedangkan lingkungan sekitar penginapannya mengusung taman tropis yang asri.

du-lich-bali-gia-re-chat-luong

lienbangtravel.com

19557

http://partners.baliwww.com

The Seminyak Beach Resort & Spa

Klik gambar untuk lihat detail harga dan hotel.

QS_20160605-230620

lihat The Seminyak Beach Resort & Spa

5. Kayumanis Ubud Private Villa & Spa

Buat kamu pecinta Ubud, nggak ada salahnya untuk menikah di Kayumanis Ubud Private Villa & Spa. Apalagi penginapan ini dikelilingi oleh banyak pepohonan. Cocok banget nih, untuk pasangan yang suka dengan lingkungan hijau dan menyukai ketenangan!

Y906810051

Dok. Kayumanis Ubud Private Villa & Spa

Y906810050

Dok. Kayumanis Ubud Private Villa & Spa

Kayumanis Ubud Private Villa & Spa

Klik gambar untuk lihat detail harga dan hotel.

QS_20160605-234239

6. Karma Kandara

Terletak di bukit Ungasan terpencil, Karma Kandara menghadap ke Samudera Hindia yang menakjubkan, juga pantai berpasir putih yang memesona. Rasakan sensasi menikah di tebing yang tinggi dengan pemandangan indah di Karma Kandara. Saking tingginya tebing itu, pihak hotel sampai menyediakan ekskalator, lho!

karma kandara1

Dok. Karma Kandara

karma kandara 2

Dok. Karma Kandara

karma kandara

Klik gambar untuk lihat detail harga dan hotel.

QS_20160606-000044

lihat karma kandara

7. Banyan Tree Ungasan Hotel

Di Banyan Tree Ungasan Hotel, kamu juga bisa menikah dengan pemandangan Samudera Hindia dan pantai berpasir putih, berair jernih, dan sinar matahari yang keemasan. Kolam renangnya pun berkonsep infinity, sehingga membuat pesta pernikahan kamu makin eksotik.

Banyan-Tree-Ungasan-Romance-Wedding-Bambu-1170x470

balishukawedding.com

 

banyan-tree-ungasan-wedding

Klik gambar untuk lihat detail harga dan hotel.

Banyan Tree Ungasan Hotel

Klik gambar untuk lihat detail harga dan hotel.

 

QS_20160606-001207

lihat banyan tree ungasan hotel

8. Hanging Garden of Bali

Hanging Gardens Ubud menawarkan pemandangan bukit-bukit dan pegunungan sekitarnya. Jadi, kapan lagi bisa menikah dengan pemandangan bukit dan pegunungan sambil berdiri di dekat infinity pool yang menakjubkan? Suasana pun makin romantis karena hotel ini terletak di Ubud yang merupakan pusat seni dan budaya di Bali.

hanging garden1

www.balifortwo.com

hanging garden2

www.zoomtm.com

hanging gardens of bali

Klik gambar untuk lihat detail harga dan hotel.

 

QS_20160606-003303

lihat Hanging Garden of Bali

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Kalau kamu punya rencana menikah di Bali, nggak ada salahnya buat survei lokasi dulu sekalian traveling. Jika kamu berada di luar Bali, jangan lupa pesawat murah ke Bali lewat pegipegi.com supaya kamu bisa dapat harga terbang murah meriah. pegipegi doakan agar persiapan pernikahan kamu lancar, ya, travelers!

pesan tiket pesawat murah ke bali cari hotel murah lain di bali

 

Itinerary Liburan 4 Hari 3 Malam ke Yogyakarta Bersama si Kecil

Posted: 05 Jun 2016 06:33 AM PDT

Buat travelers yang sudah berkeluarga, apalagi dikaruniai buah hati, lumayan repot cari waktu untuk liburan, apalagi jika si kecil terhitung masih batita. Tentunya, sebagai orangtua travelers mau memberikan perjalanan senyaman mungkin bagi si kecil.

Sebenarnya, liburan bareng anak yang masih batita itu menyenangkan lho, travelers! Selain bisa mengajak anak melihat hal-hal baru, orangtua juga masih bisa “egois” memilih tempat-tempat wisata menarik. Karena, si kecil belum bisa protes atau menuntut. Jadi, mumpung si kecil masih “pasrah”, buruan deh susun rencana liburan bersama keluarga!

Mulai aja dari tempat-tempat wisata yang umum seperti Yogyakarta atau Bali. Selain punya banyak pilihan aktivitas dan hotel, liburan di Yogyakarta dan Bali juga terbilang kids friendly. Karena, sudah banyak fasilitas umum untuk bayi atau batita.

Nah, pegipegi punya satu ide liburan ke Yogyakarta bersama si kecil berdasarkan pengalaman pribadi. pegipegi sengaja memilih weekdays untuk liburan guna menghindari tempat wisata yang penuh sesak dan harga tiket mahal. Mudah-mudahan itinerary 4 hari 3 malan di Yogyakarta bersama si kecil ini bisa menjadi inspirasi liburanmu ya!

Hari Senin

08.05 – 09.10:  Berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma dan mendarat di Bandara Adi Sucipto

09.30: Menunggu supir dari penyewaan mobil

10.00 – 11.00: Menuju jalan Wijilan untuk menikmati Gudeg Bu Lies yang terkenal

11.00 – 11.30: Wisata sejarah dan budaya di Istana Air Taman Sari

taman sari

Taman Sari

11.45 – 12.45: Wisata sejarah dan budaya di Keraton Yogyakarta

13.00: Check in, istirahat, dan menikmati sisa hari di hotel

TIPS DAN KETERANGAN

  • Menyewa mobil adalah opsi paling ideal ketika berlibur dengan si kecil. Selain bisa lebih fleksibel mengatur jadwal dan rute perjalanan, tentunya anak juga merasa lebih nyaman.
  • Pastikan mencari penyewaan mobil yang terpercaya dengan tarif yang masuk akal. Umumnya, penyewaan mobil di Jogja menyertakan supir, jadi kamu tidak bisa menyewa mobil dengan sistem lepas kunci. Tarifnya sendiri rata-rata Rp 400.000 – Rp 450.000* per hari (sudah termasuk mobil + supir + BBM).
  • Kamu juga bisa membuat paket custom seperti yang pegipegi lakukan. pegipegi memberikan itinerary terlebih dulu ke pihak penyewaan mobil. Lalu mereka akan mengkalkulasikan total harga berdasarkan lama pemakaian per hari dan jarak tempuh tempat-tempat wisatanya.
  • Sebelum mengunjungi tempat-tempat wisata, lebih baik isi perut dulu dengan makanan khas Yogyakarta, yaitu gudeg. Selain melepas lelah setelah perjalanan, kamu juga bisa mengganti popok dan pakaian si kecil dengan yang lebih nyaman.
  • Jangan lupa membawa topi untuk si kecil karena cuaca Yogyakarta saat siang hari lumayan terik.
  • Kalau si kecil mulai rewel di salah satu tempat wisata, nggak usah memaksakan diri untuk melihat semua bagian tempat wisata itu, travelers. Usahakan agar anak selalu nyaman saat liburan, sehingga acara jalan-jalanmu juga menyenangkan.
  • Kebetulan saat pegipegi liburan, Yogyakarta masih sering hujan saat sore sehingga agenda sore hari terpaksa batal. Nah, kamu bisa mengantisipasi hal ini dengan memesan hotel untuk keluarga yang punya banyak fasilitas. Alhasil, kalau kamu terpaksa diam di hotel, si kecil juga nggak akan bosan karena bisa mengeksplorasi fasilitas hotel.

Hari Selasa

07.30 – 09.00 : Sarapan di hotel

09.15 – 10.30: Menikmati fasilitas-fasilitas hotel

10.45 – 11.30: Bersih-bersih dan menunggu dijemput supir

12.00 – 13.00: Menuju Museum Ullen Sentalu Kaliurang

13.15 – 14.15: Menikmati tur berpemandu di Museum Ullen Sentalu

14.20 – 15.30: Makan siang di Restoran Beukenhof

15.45: Kembali ke pusat Yogyakarta

16.00 – 17.30: Beli oleh-oleh

18.00: Kembali ke hotel, istirahat

TIPS DAN KETERANGAN

  • Ketika bepergian dengan batita, sebaiknya batasi tempat wisata yang mau dikunjungi hingga 3 atau 4 per hari supaya si kecil nggak kelelahan. Itu pun dengan catatan tempat wisatanya masih berdekatan, ya. Kalau tempat-tempat wisatanya berjauhan, mungkin dua tempat wisata per hari sudah cukup.
  • Tiket masuk Museum Ullen Sentalu saat pegipegi datang ke sana adalah Rp 30.000* untuk pengunjung dewasa domestik. Anak-anak (5-16) dikenakan tarif Rp 15.000, sedangkan anak di bawah usia 5 tahun boleh masuk gratis.
  • Kalau kamu mengunjungi Yogyakarta sekitar bulan September – Maret, sebaiknya persiapkan payung dan jas hujan karena Museum Ullen Sentalu punya bagian outdoor. Tapi, kalau kamu nggak mau repot, kamu bisa membeli jas hujan di loket karcis Museum Ullen Sentalu seharga Rp 5000* per buah.
  • Museum Ullen Sentalu mewajibkan semua pengunjung mengikuti tur berpemandu, jadi kamu nggak bisa sembarangan melihat-lihat museum. Tapi, nggak perlu khawatir, travelers. Para pemandu tur ini sudah punya jam terbang tinggi sehingga kamu nggak akan dibuat bosan mendengar penjelasan dan informasinya.
  • Jangan mengambil foto sembarangan di Museum Ullen Sentalu ya! Pemandu akan memberitahu spot-spot mana yang boleh difoto, jadi sebaiknya ikuti petunjuk pemandu.
museum ullen sentalu

Museum Ullen Sentalu

  • Restoran Beukenhof berada tepat di pintu keluar Museum Ullen Sentalu. Restoran ini mengusung desain kolonial untuk interiornya sehingga jadi spot yang asyik banget untuk foto-foto dengan keluarga tercinta. Harga makanannya sendiri nggak bisa dibilang murah (Rp 300.000* untuk dua orang), tapi rasa makanannya emang enak banget kok! Porsinya juga lumayan banyak, jadi cukup sebanding dengan harganya.
  • Mau beli oleh-oleh Bakpia Patuk yang populer? Kamu bisa datang langsung ke pabriknya di Jl. K.S Tubun untuk beli bakpia yang masih hangat, baik untuk oleh-oleh atau kamu makan sendiri. Walaupun terbilang kecil, tapi tempat ini hampir selalu ramai oleh pengunjung, lho.
  • Kalau kamu mencari batik untuk oleh-oleh yang lumayan banyak, kamu bisa mencarinya di kawasan Malioboro atau Pasar Beringharjo yang memang punya banyak pilihan dengan harga terjangkau. Tapi, kalau kamu mencari untuk koleksi pribadi atau hadiah istimewa, coba kunjungi toko Batik Rumah di jalan Nogosari Lor no. 8, Kadipaten, Keraton. Di sini, kamu bisa menemukan kain batik atau pun baju batik dengan kualitas premium.

Hari Rabu

03.00: Siap-siap untuk Sunrise Tour Borobudur

03.30 – 04.30: Check out, menuju Candi Borobudur

04.45 – 06.00: Menikmati Sunrise Tour

06.30 – 07.30: Menikmati snack di Hotel Manohara

08.00 – 10.00: Sarapan lengkap dan istirahat di Patio Restaurant, Plataran Borobudur

10.30 – 12.00: Menuju MesaStila Resort and Coffee Plantation

12.30: Check in dan menikmati sisa hari di resort

TIPS DAN KETERANGAN

  • Untuk menikmati pemandangan matahari terbit di Candi Borobudur, satu-satunya cara adalah dengan membeli paket Sunrise Tour Borobudur di Hotel Manohara, yang memang punya akses langsung ke candi. Tapi, kamu juga bisa menikmati sunrise dengan pemandangan Candi Borobudur dari atas bukit Punthuk Setumbu.
sunrise tour borobudur

Sunrise Tour Borobudur

  • Harga tiket Sunrise Tour Borobudur di Hotel Manohara adalah Rp 270.000* per orang dewasa (domestik). Harga ini sudah termasuk peminjaman senter, snack untuk sarapan dan souvenir. Bagi warga asing, tarifnya adalah Rp 400.000* per orang dewasa. Sementara, kalau kamu memilih Punthuk Setumbu, kamu cukup membayar Rp 15.000* per orang dewasa (domestik) atau Rp 30.000* (asing).
  • Penjualan tiket baru dimulai pukul 04.00, sedangkan turnya sendiri dimulai pukul 04.30.
  • Perjalanan dari Yogyakarta menuju Candi Borobudur yang terletak di Magelang sekitar satu jam. Tapi, karena kamu berangkat pagi, kondisi lalu lintas masih sangat lancar dan kamu bisa tiba lebih cepat. Supaya si kecil nggak menunggu terlalu lama, sebaiknya kamu mengatur waktu keberangkatan dari Yogyakarta. Saran pegipegi adalah berangkat pukul 04.00 supaya tiba di Candi Borobudur pukul 05.00. Jadi, kamu nggak perlu menunggu matahari terbit terlalu lama dan meminimalisir kemungkinan si kecil menjadi rewel.
  • Kalau kamu masih punya waktu luang, coba deh sarapan di Patio Restaurant yang berada di resort Plataran Borobudur, sekitar 10 menit dari Hotel Manohara. Resort mewah ini membebaskan tamu luar untuk menikmati hidangan lezat di restoran mereka. Ini adalah tempat yang ideal untuk istirahat sejenak setelah lelah beraktivitas sejak dinihari. Harga makanan dan minuman di Patio Restaurant memang tidak bisa dikatakan murah, namun masih terjangkau kalau dibandingkan restoran-restoran serupa di Jakarta.
suasana patio restaurant

Suasana Patio Restaurant

  • Opsi lain yang bisa kamu ikuti adalah mengunjungi Gereja Ayam yang menjadi salah satu lokasi syuting sekuel film fenomenal Ada Apa Dengan Cinta 2. Kebetulan lokasi Gereja Ayam ini nggak jauh dari Plataran Borobudur, travelers.
  • pegipegi memutuskan menghabiskan malam terakhir liburan di MesaStila Resort and Coffee Plantation. Resort ini terletak di Desa Losari, Magelang, sekitar 1,5 jam perjalanan dari Candi Borobudur dan 3 jam perjalanan dari pusat Yogyakarta.
  • MesaStila Resort and Coffee Plantation adalah salah satu resort mewah di Magelang yang menawarkan pemandangan indah serta fasilitas melimpah, jadi sangat cocok buat si kecil bersantai setelah mengikuti banyak agenda wisata. Seperti namanya, resort ini punya kebun kopinya sendiri dan semua tamu yang menginap bisa mengikuti tur kebun kopi secara gratis.
  • Rate MesaStila Resort di pegipegi.com mulai dari Rp 1.751.652* per malam, bergantung pada jenis vila yang dipesan. Walaupun terbagi menjadi beberapa tipe vila, nggak perlu khawatir travelers, semua villa di resort ini terbilang sangat luas. Jadi, si kecil bisa bebas bermain di kamar tanpa khawatir merusak barang-barang milik akomodasi. Yuk langsung booking MesaStila Resort di pegipegi.com!
lihat mesastila resort
mesastila resort

MesaStila Resort

Hari Kamis

06.30 – 07.00: Berjalan-jalan di sekeliling kompleks MesaStila Resort

07.15 – 08.15: Sarapan di restoran MesaStila Resort

08.20 – 09.50: Mandi dan istirahat

10.00 – 11.00: Tur kebun kopi MesaStila Resort

11.15 – 12.00: Packing

12.00 – 14.30: Check out, kembali ke Yogyakarta

15.00: Tiba di Bandara Adi Sucipto, bersiap untuk flight pulang

TIPS DAN KETERANGAN

  • MesaStila Resort memiliki lahan seluas 22 hektar, terdiri dari 11 hektar untuk vila dan 11 hektar untuk kebun kopi. Ajak si kecil untuk jalan-jalan di kompleks resort yang sangat asri dengan udara sejuk khas pedesaan.
kompleks mesastila resort

MesaStila Resort

  • Pastikan mengikuti tur kebun kopi gratis yang disediakan pihak resort. Pada tur ini kamu akan dikenalkan dengan jenis-jenis tanaman kopi, mulai dari Robusta, Arabica, maupun kopi Jawa. Bukan hanya itu, kamu juga bisa melihat proses penggilingan biji kopi serta mencicipi kopi hasil produksi MesaStila Resort.
testing kopi mesastila

Kopi MesaStila

Nah, nggak terlalu susah kan liburan bareng batita? Jadi, sudah siapkan rencana jalan-jalan bareng si kecil, travelers?

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Supaya menghemat bujet transportasi, kamu bisa sekalian pesan tiket pesawat ke Yogyakarta lewat pegipegi.com. Dijamin harganya lebih murah ketimbang tempat lain! Selama liburan bersama si kecil!

pesan tiket pesawat murah ke yogyakarta cari hotel murah lain di yogyakarta cari hotel murah lain di magelang

Sumber gambar dan tulisan: Defanie Arianti

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar