Kamis, 05 Mei 2016

Info Travel PegiPegi.com

Info Travel PegiPegi.com


Mengenal Tradisi Tea Pai di Pernikahan Orang Tionghoa

Posted: 04 May 2016 03:20 AM PDT

Setelah kemarin pegipegi bahas soal tradisi Sangjit di pernikahan orang Tionghua, nggak lengkap rasanya jika nggak membahas soal tradisi Tea Pai. Yaitu, salah satu rangkaian acara di pernikahan orang Tionghoa yang diadakan untuk menghormati orang yang lebih tua. Biasanya, tradisi Tea Pai di beberapa daerah berbeda, tergantung dari kebiasaan suku dan adat istiadat masing-masing.

Umumnya sih, tradisi ini dilakukan pada pagi hari sebelum pemberkatan pernikahan atau siang hari sesudah pemberkatan pernikahan. Jarang banget ada mempelai yang melakukan Tea Pai di malam hari karena terkesan nggak menganggap penting tradisi tersebut.

Siapa aja yang terlibat di Tea Pai?

Penghormatan kedua mempelai kepada orang yang lebih tua saat Tea Pai ditunjukkan dengan melayani dan menyuguhkan secangkir teh hangat kepada orangtua, orang yang lebih tua. Biasanya Tea Pai diikuti oleh anggota keluarga kedua mempelai yang sudah menikah dan usianya lebih tua, seperti orangtua kandung, kakek dan nenek, paman dan bibi, saudara kandung, atau sepupu. Buat yang sudah bercerai tetap boleh mengikuti acara ini.

Sedangkan, buat anggota keluarga yang belum menikah nggak diperbolehkan mengikuti acara ini, meskipun usianya lebih tua. Anggota keluarga yang usianya lebih muda dari mempelai, walaupun sudah menikah juga nggak diperbolehkan ikut acara ini.

^70EF28BFE338199C0142215C9C81E603D2D70DC5471262487A^pimgpsh_fullsize_distr

szefei on depositphotos.com

Tata cara Tea Pai

Karena zaman makin modern, tradisi Tea Pai pun dibuat dengan sesimpel mungkin. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Kedua mempelai mempersilahkan orang yang lebih tua untuk duduk di kursi yang telah disediakan. Setelah duduk, kedua mempelai memberikan penghormatan dengan cara membungkukkan badan sambil mengepalkan kedua tangan. Penghormatan ini berlaku untuk orangtua kandung dan kakek/ nenek. Untuk anggota keluarga lain, seperti paman dan bibi atau saudara lainnya, nggak perlu berlutut. Cukup sedikit membungkukkan badan.
  • Seseorang yang telah ditunjuk sebagai bridesmaid membawa nampan, tempat menaruh cangkir kecil berisi teh kepada mempelai wanita. Untuk melayani pihak keluarga mempelai wanita. Kemudian barulah mempelai pria mengambil satu per satu cangkir dari nampan tersebut dan diberikan kepada keluarga sembari menyebutkan status orang tersebut, misal: Papa, Mama, dan seterusnya. Sebaliknya, bila yang dilayani adalah keluarga mempelai pria, yang menyuguhkan cangkir tersebut adalah mempelai wanita.
^5162B98F5FB2A9E1F873DF9E4D90D4C5D1D38363DB40A4C637^pimgpsh_fullsize_distr

szefei on depositphotos.com

^CFB23328D6FE70441608D0B262970A4A19A486748E61CB0850^pimgpsh_fullsize_distr

szefei on depositphotos.com

  • Setelah acara penyuguhan teh selesai, mempelai pria mengambil kembali cangkir tersebut satu per satu. Sebagai ucapan terima kasih atas pelayanan yang diberikan kedua mempelai, biasanya keluarga memberikan bingkisan berupa uang di dalam angpao merah atau perhiasan. Keluarga yang memberikan angpao dapat langsung menaruh angpao tersebut di nampan, sedangkan jika hadiahnya berupa perhiasan, nampan tersebut dapat dikembalikan kepada orang yang telah ditunjuk sebelumnya. Lalu keluarga akan segera memasangkan perhiasan tersebut kepada mempelai.
Chinese Wedding.

amnachphoto on depositphotos.com

^0C88E6B8881F6A0E906D404B1C74678C8973BEFE3560B86500^pimgpsh_fullsize_distr

szefei on depositphotos.com

  • Terkadang pada adat tertentu, ketika selesai Tea Pai, mempelai wanita biasanya memberikan satu set handuk (handuk badan dan handuk muka) kepada orang-orang yang telah disuguhkan teh sebagai ucapan terima kasih. Tapi, aturan ini nggak mutlak, sih. Setelah selesai acara, anggota keluarga yang sudah disuguhkan teh kembali duduk di kursi masing-masing dan kedua mempelai memberikan salam penghormatan kembali seperti di awal acara.

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Unik banget kan tradisi Tea Pai yang dilakukan oleh orang Tionghoa! Buat kamu yang sedang mempersiapkan acara Tea Pai dan resepsi pernikahan, kamu jangan sampai lupa menyiapkan bulan madu kamu bersama pasangan. pegipegi menawarkan kamu tiket pesawat dan hotel murah untuk bulan madu kamu, lho!

pesan tiket pesawat murah  cari hotel murah

10 Resto di Puncak dan Bogor dengan Pemandangan Indah

Posted: 04 May 2016 12:54 AM PDT

Pengin menghabiskan long weekend dengan kulineran di resto yang pemandangannya indah? Main aja ke Puncak dan Bogor! Soalnya, di sana banyak resto yang menyuguhkan pemandangan indah ke lingkungan alam sekitar, seperti sungai, gunung, dan bukit. Dan biasanya, resto tersebut juga didekor dengan bahan bangunan ramah lingkungan, seperti kayu. Di mana aja nih restonya?

1. Cimory Riverside

Di bagian tengah resto Cimory Riverside, ada deretan pilar bebatuan pualam. Masuk ke arah dalam sedikit, kamu akan menemui dua area outdoor yang menghadap langsung ke Sungai Ciliwung yang jernih dan deras airnya. Suara aliran sungai yang menenangkan, semilir angin serta kicauan burung bakal bikin kamu rileks dan tenang. Di bawah ada taman bermain anak dan area outdoor private yang biasanya harus direservasi dulu.

Cimory Riverside mengandalkan menu sosis yang dibuat homemade, sehingga bahan-bahan pembuatnya dapat dikontrol dengan baik. Menu sosis favorit di Cimory antara lain spiral kanzler sausage dan ring kanzler sausage yang disajikan dengan kentang goreng dan saus BBQ. Ingin menikmati menu ala Perancis, jangan lupa mencicipi zuppa soup dan bruschetta ala Cimory.

Untuk menu main course ada iga bakar yang diracik dengan bumbu khas Cimory, serta menu main course lain yang sudah familiar di lidah orang Indonesia, seperti soto mie dan nasi goreng. Untuk minuman, kamu bisa pesan susu dan yogurt buatan Cimory. Kamu bisa main ke sana saat long weekend besok, nih. Langsung aja datang ke jalan Raya Puncak km. 76, Megamendung, Jawa Barat.

cimory riverside1

www.liburananak.com

cimory riverside2

www.basilicha.com

2. Cimory Mountain View

Kalau Cimory Riverside menghadap sungai, Cimory Mountain View tentulah menghadap pegunungan indah. Resto Cimory Mountain View cukup luas dan terdiri dari tiga lantai. Lantai paling bawah dipakai untuk taman bermain anak-anak, lahan parkir, dan mushola. Di lantai dua ada pintu masuk utama, toilet, toko tempat jual produk Cimory, dan beberapa meja makan. Di lantai tiga inilah lokasi yang paling asyik untuk lihat pemandangan pegunungan.

Sama seperti Cimory Riverside, sosis di sana diproduksi secara homemade dan kebanyakan menu sosisnya sama seperti Cimory Riverside. Begitu pula dengan produk susu dan yogurt. Menu lain selain sosis yang disajikan di sini juga lengkap. Kamu bisa pesan makanan bergaya lokal seperti iga bakar, gado-gado, nasi goreng, hingga makanan bergaya barat, seperti pasta atau steak. Kalau sudah ngiler, langsung aja main ke Cimory Mountain View di jalan Raya Puncak km. 77 no. 435, Bogor Timur.

cimory mountain view1

www.tripadvisor.co.uk

cimory mountain view2

www.banyumurti.net

3. Nicole's Kitchen & Lounge

Resto ini berada di lantai tiga gedung factory outlet Kampung Brasco Cipanas. Karena letaknya di lantai paling tinggi itulah, di Nicole’s Kitchen & Lounge kamu jadi bisa puas menikmati pemandangan puncak dari atas, sembari menghirup udara segar. Dekorasi di sana didominasi oleh warna putih, tapi masih ada nuansa warna-warni, seperti oranye, kuning, hijau, dan merah. Meskipun kamu berada di ruangan indoor, kamu tetap bisa menikmati pemandangan indah. Soalnya, ruangan indoor di Nicole’s Kitchen & Lounge cuma dilapisi kaca transparan.

Menu yang ditawarkan juga beraneka ragam menu, mulai dari Indonesia, Asia, hingga western. Jadi, kamu bisa pesan nasi goreng, steak, sate, carbonara, fish & chip, dan lain-lain. Cocok banget buat makan gila-gilaan mumpung cuaca lagi dingin dan bikin lapar. Hihihi… Kalau tertarik, kamu bisa mampir ke Kampoeng Brasco Cipanas, jalan Raya Cipanas Hanjawar no. 1, Bogor Selatan.

nicole1

citizen6.liputan6.com

nicoles

skylight-architecture.com

nicole3

www.zomato.com

4. The Grand Hill Bistro & Cafe

The Grand Hill Bistro & Cafe yang berlokasi di jalan Raya Puncak km 84, Cisarua Tugu, Puncak ini letaknya cukup strategis. Karena, berada di jalur utama Puncak. Jadi, tempatnya tentu mudah ditemukan, meskipun berlokasi di tempat yang jauh dari keramaian. Lingkungannya juga bersih dan suasananya nyaman. Pemandangan pegunungan di sana bakal makin romantis ketika malam hari. Apalagi ada penampilan live band yang bikin suasana makin santai.

Kamu bisa memilih menu western favorit, seperti chicken piccata (spaghetti dengan chicken katsu). Rasanya makin sedap karena ada bumbu lada hitamnya. Atau kamu bisa pesan makanan Indonesia, seperti nasi timbel dengan ayam bakar, tahu, tempe, empal, sayur asem, dan kerupuk.

grand hill

www.thegrandhill.com

the grand hill

www.thegrandhill.com

the grand hill2

www.tripadvisor.com

5. Cemara Restaurant

Cemara Restaurant adalah resto yang berlokasi di Puncak Pass Resort Bogor Selatan yang menyuguhkan pemandangan perbukitan hijau yang asri. Jika kamu ke Cemara Restaurant di hari Sabtu, kamu bisa menikmati BBQ di malam hari sambil menikmati indahnya pegunungan. Selain BBQ, kamu juga bisa menikmati menu pizza di sini, terutama pizza pepperoni yang teksturnya lembut dan gurih. Atau coba poffertjes, kue khas Belanda yang empuk disajikan dengan gula halus.

cemara 1

qraved.com

cemara 3

groupon.co.id

cemara 2

http://tigerlilysbook.blogspot.co.id/

6. Restoran Rindu Alam

Restoran Rindu Alam merupakan tempat tertinggi yang dilalui jalan Raya Puncak, yaitu pada ketinggian 1443 meter, sedikit di bawah Puncak Pass yang memiliki ketinggian 1463 meter. Di sekitar lokasi Restoran Rindu Alam memiliki pemandangan yang sangat indah. Ke arah utara hingga barat di bawah resto ini terhampar pemandangan perkebunan teh dan jalan raya Puncak yang meliuk-liuk membelah perkebunan teh. Juga terdapat pemandangan Gunung Gede Pangrango, puncak Gunung Salak, Gunung Kencana, dan Gunung Luhur. Kamu bisa mengenyangkan perut kamu dengan makanan khas Indonesia, seperti sate ayam atau sate kambing. Gurame gorengnya juga enak dan gurih, lho!

rindu alam1

m.tempo.co

rindu alam2

www.tripadvisor.com

rindu alam3

http://tigerlilysbook.blogspot.co.id/

7. RM Bumi Aki

Masih berdekatan dengan Restoran Rindu Alam, kamu juga bisa mengunjungi RM Bumi Aki yang menyajikan pemandangan indah ke arah Gunung Gede Pangrango. Menu andalan di RM Bumi Aki di antaranya adalah makanan-makanan yang biasanya ada di kedai kaki lima, seperti sate kambing, ayam bakar, sop buntut, dan nasi liwet. Tapi, makanan-makanan tersebut disajikan dengan gaya bintang lima.

rm bumi aki

www.aloha-bebe.com

rm bumi aki2

http://tigerlilysbook.blogspot.co.id/

rm bumi aki3

http://tigerlilysbook.blogspot.co.id/

8. Dulang Restaurant

Resto ini terletak di jalan Raya Puncak Tugu km 83,7. Dulang Restaurant memiliki ruangan yang cukup luas dan terbagi atas beberapa area. Ada yang lesehan dan duduk di kursi biasa. Pemandangan di belakangnya indah karena terdapat aliran sungai dengan bebatuan dan taman dengan beberapa permainan anak-anak. Sedangkan di halaman belakang terdapat kolam ikan. Kamu juga bisa membeli makanan ikan untuk disebar ke kolam. Makanan di sana adalah makanan khas Indonesia seperti gado-gado, gurame bakar, dan lain-lain.

dulang1

http://myfunfoodiary.com/

dulang2

http://myfunfoodiary.com/

9. B'Tur Resto & Cafe

Resto ini unik banget karena furniture yang digunakan rata-rata kayu. Cocok banget dengan lingkungan alam di sekitar Puncak yang indah. Cocok banget buat dijadikan tempat untuk mengabadikan foto-foto romantis kamu bareng pasangan. Kamu juga bisa menikmati berbagai hidangan western di sana, seperti spaghetti aglio olio, fish and chips, cappucino, aneka desserts, dan lain-lain. Resto ini juga masih berlokasi di jalan Raya Puncak, Bogor Timur.

btur

www.qraved.com

btur2

www.zomato.com

10. Serai Cafe

Serai Cafe adalah resto di Novus Giri Resort & Spa, hotel terkenal di jalan Sindanglaya Raya no.180, Cipanas, Bogor yang terkenal akan keindahan alamnya. Soalnya, hotel ini menawarkan pemandangan Gunung Gede Pangrango yang megah dengan puncak gunung berapi yang meningkat, perkebunan teh yang rimbun, dan pemandangan pegunungan berbatu biru pada 3,8 hektar lahan.

Jadi, jika kamu makan di Serai Cafe, sudah pasti kamu bisa menikmati segala macam keindahan pemandangan-pemandangan tersebut. Selain itu, suasana resto ini juga terbilang mirip resto di luar negeri. Bgitu pula dengan menu makanannya yang kebanyakan western. 

Serai-cafe

Dok. Novus Giri

serai cafe

jalan2.com

Biar makin asyik, kamu sekalian aja menginap di Novus Giri Resort & Spa supaya bisa menghemat transportasi. Hihihi… Kamu bisa menginap di Novus Giri Resort & Spa dengan harga mulai dari Rp 1.105.500* per malam jika kamu pesan lewat pegipegi.com.

Novus Giri Resort & Spa

Klik gambar untuk lihat detail harga dan hotel.

novus testi

lihat Novus Giri Resort & Spa

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Selain bisa menginap di Novus Giri Resort & Spa, pegipegi juga punya rekomendasi hotel mewah di Puncak dan Bogor yang harganya terjangkau dan pemandangannya indah. Hotel-hotel tersebut bisa kamu cari di sini.

lihat 9 Hotel Mewah di Puncak dan Bogor dengan View Luar Biasa

Ulang Tahun pegipegi, Menginap di Hotel Mewah hanya Rp 4!

Posted: 04 May 2016 12:33 AM PDT

Siapa bilang ulang tahun cuma menerima hadiah? Khusus di ulang tahun yang ke-4, pegipegi justru mau mengajak travelers semua menginap di hotel mewah Parador Hotels & Resort Group, seharga Rp 4 alias 4 RUPIAH saja! Yap, pegipegi yang ultah, pegipegi juga yang kasih hadiah! Siap-siap cek Twitter, Facebook Fanpage dan Instagram pegipegi selama masa periode, karena akan digelar kuis yang berbeda setiap harinya.

Mau tahu caranya? Simak tiga langkah mudah di bawah ini!
1. Follow instagram @pegi_pegi, @atriaserpong, @atriaresidences, @atriamagelang, @atriamalang, @arahotelserpong, @famehotelserpong, dan @famehotelbatam
2. Regram/repost post ini dengan menyertakan hashtag #HotelMewah4rupiah
3. Tag @pegi_pegi dan 4 orang temanmu

Syarat dan ketentuan:
1. Periode kuis 7-14 Mei 2016.
2. Peserta diperbolehkan mengikuti kuis lebih dari satu kali, di semua media sosial.
2. Akan dipilih 1 pemenang per hari, dengan total 8 pemenang yang sudah memenuhi syarat di atas.
3. Seluruh pemenang akan diumumkan pada 16 Mei 2016 di media sosial dan blog pegipegi.
4. Keputusan dewan juri mutlak, tidak bisa diganggu gugat.
5. Pajak hadiah ditanggung pegipegi.com
6. Kuis digelar di Twitter dan Instaram @pegi_pegi serta Facebook Fanpage pegipegi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar